MAKALAH TIK (PENELITIAN MANFAAT INTERNET

Posted by cak umam on Kamis, 08 Desember 2011

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini Information Communication ofTechnology(ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) mengalami perkembangan yang pesat. Kemajuan suatu negara salah satunya diukur dari perkembangan TIK yang dimiliki. Beberapa indikator TIK diantaranya adalah infrastruktur dan akses TIK, penggunaan dan akses TIK oleh rumah tangga danindividu, bisnis dan sektor perdagangan alat–alat TIK. MenteriKomunikasi dan Informasi Mohammad Nuh mengatakan bahwaMakro Indikator TIK digunakan untuk mengetahui peranan TIK terhadap pertumbuhan ekonomi, yang bisa dijadikan peganganbagi para steakholders dalam menentukan arah kebijakan bisnis mereka ke depan (Yanuar, 2008). Ukuran kuantitas TIK yang ada masih belum cukup untuk menilai kemajuan suatu negara namun lebih lanjut output atau dampak dari penggunaan TIK itu sendiri.UNESCO Asia dalam artikel Developing and Using Indicators ofICT in Education mengatakan bahwa cukup penting untuk menguji indikator bahwa TIK tidak hanya digunakan sebagai alat dasar operasional tetapi juga sebagai alat komunikasi dalam rangka mengembangkan kreativitas, interaksi, collaborativelearning (belajar kelompok), berpikir kritis dan memecahkan masalah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan institusi luarnegeri, menempatkan Indonesia di peringkat terbawah dalam kemajuan TIK. Abdullah Alkaff staff khusus Menteri Komunikasi dan Informasi mengatakan bahwa selama ini indikator TIK Indonesia banyak dilakukan institusi asing yang kerap kali bisa dan tidak akurat (jurnal nasional.com). Sehingga perlu adanya evaluasi ulang terhadap hasil penelitian tersebut. Beberapa penelitian sudah dilakukan, antara lain menyatakan bahwa dari segi kuantitas penggunaan internet telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi di tanah air. Disebutkan bahwa tahun 2008 Indonesia menduduki peringkat kelima pemakai internet di Asia dengan pemakainya mancapai 25 juta penduduk yang mengakses internet (internetworldstats.com). Namun satu hal yang masih belum diungkapkan adalah bagaimana internet dipergunakan salah satunya sebagai media belajar siswa. Misalnya, dalam bentuk membuat perencanaan, mengolah, mengembangkan dan mengevaluasi materi belajar, baik olehsiswa maupun guru. Hal ini penting mengingat kecenderungan internet sebagaimana juga media massa seperti koran, radio dan televisi yang masih berperan banyak di bidang hiburan(entertainment) dibanding edukatif. Selain masalah di atas, masalah lain yang muncul adalah hampir 90 persen remaja semula mengklik situs porno secara tidak sengaja (Kompas.com). Dan juga banyaknya situs-situs amoral yang beredar di internet yang bisa mempengaruhi perilaku siswa dalam menggunakan internet.

Dengan adanya internet, pihak akademisi merupakan salah satu pihak yang diuntungkan. Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Dari sejumlah studi yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa internet memang bisa dipergunakan sebagai media pembelajaran, seperti studi yang telah dilakukan oleh Center for Applied Special Technology (CAST) pada tahun 1996. Hal serupa juga diungkapkan Rahardjo (2002) sebagaimana dikutip di situs, bahwa manfaat internet bagi pendidikan adalah dapat menjadi akses kepada sumber informasi, akses kepada nara sumber, dan sebagai media kerjasama (pustekkom.depdiknas.go.id). Dengan dijadikannya internet sebagai media belajar diharapkan mampu mendongkrak hasil belajar siswa. Igrabia dan Tan (1997) dalam Impacts of InternetUsage on Student’s Academic Performance (CGPA) sebagaimana dikutip dari Awais et al. (2007) menyebutkan bahwa penggunaan internet di kalangan mahasiswa di berbagai universitas termasuk frekuensi dan intensitas penggunaan internet berkorelasi signifikan dengan prestasi siswa. Selain itu penggunaan media belajar menurut Ibrahim(1982:12) sebagaimana dikutip dalam Dubatar (2008) salahsatunya mampu membangkitkan minat atau motivasi dan mengaktifkan siswa dalam belajar. Dalam kaitannya internet sebagai media belajar maka pengaruh terhadap motivasi belajar cukup signifikan karena di dalamnya ada kegiatan mencari sumber belajar yang relevan, mendownload data, mempelajari dan menggunakannya untuk kegiatan akademik tertentu. Supartini (2008) dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh juga secara signifikan terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa. Menurut Surya (2006), bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara umum memberikan peluang berkembangnya kreativitas dan kemandirian belajar siswa. Melalui TIK khususnya media internet, siswa akan memperoleh berbagai informasi dalam lingkup yang lebih luas dan mendalam dalam meningkatkan wawasannya. Sehingga keberadaan internet sebagai alternatif sumber media belajar merupakan rangsangan yang kuat dalam menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam belajar. Dalam penelitiannya, Munandar (1977) menyimpulkan bahwa kreativitas sama absahnya seperti intelegensi sebagai prediktor prestasi sekolah. Artinya, kreativitas juga berpengaruh terhadap prestasi siswa disamping faktor intelegensi. Penelitian ini terkait dengan faktor intensitas pemanfaatan internet terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.Dalam penelitian tersebut digunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang secara simultan (bersamaan) menganalisis faktor penggunaan internet di kalangan siswa sebagai media belajar terhadap peningkatan prestasi belajar serta hubungan antara variabel-variabel tersebut. Adapun objek penelitian ini adalah populasi siswa kelas XI MAN KANDANGAN.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapatdiidentifikasi permasalahan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana karakteristik pengguna internet siswa MAN KANDANGAN?

2. Bagaimana penggunaan internet sebagai media belajar dikalangan siswa khususnya siswa MAN KANDANGAN?

3. Bagaimana intensitas pemanfaatan internet terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar