TA CCTJ

Posted by Unknown on Selasa, 20 Desember 2011

LAPORAN TUGAS AKHIR

SISTEM INPUT DATA INDUK SISWA DI MI DARUSSALAM BADANG DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0 DAN MICROSOFT ACCESS 2007

Oleh

M.ARSYADUDDIN

Dosen pembimbing

ANDI MUHAMMAD AMRULLOH

COMMUNITY COLLEGE OF TEBUIRENG JOMBANG

TAHUN AKADEMIK 2010/2011


ABSTRAK

Di era modern ini masih banyak lembaga pendidikan yang masih menggunakan metode manual dalam pendataan siswa khususnya di Madrasah ibtidaiyah Darussalam badang yang mana dengan metode manual ini cara kerjanya sedikit memakan waktu.

Oleh karena itu pemanfaatan teknologi computer sangat di butuhkan , karena dengan pemanfaatan computer pendataan siswa jadi semakin efektif dan efisien.

Untukmenjawab itu semua pengembang tertarik untuk menyusun Tugas Akhir dengan Judul “ Sistem Input Data Induk Siswa MI Darussalam Badang dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsift Access 2007”

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah penulis ucapkan kepada Alloh SWT yang dengan rahmat dan hidayatnya, serta ridhonya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir yang dengan tema “Sistem Input Data Induk Siswa MI Darussalam Badang dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsof access 2007”

Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis didalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu :

1. Bapak Drs. H. Alfin Mansur, M.Hi selaku direktur Community College Of Tebuireng Jombang.

2. Bapak Andi M.A selaku odsen pembimbing 1.

3. Bapak Saiful Rokhim S.Pd selaku dosen pembimbing 2.

4. Seluruh staf pengajar (Dosen) yang telah membina mengajar dan mengarahkan selama penulis menuntut ilmu di Community College Of Tebuireng Jombang.

5. Di Ngoro, penulis sangat berterima kasih terhadap kedua orang tua, Bapak Muji Syukur dan Ibu Umi Zahroh Latifah yang telah sekuat tenaga menyekolahkan dan memberi yang terbaik bagi penulis baik itu berupa material maupun finansial demi kelangsungan studi penulis sehinggga sampai sekarang ini

6. Tak lupa ucapan terima kasih my best friend yang telah memberikan sumbangan Energi dan pikiran sehingga Tugas Akhir ini terselesaikan untuk itu saya mengharap banyak kritik dan sarannya demi kesempurnaan Tugas Akhir ini.

.

Penulis sadar bahwa dalam penyusunan Tugas Akhir ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saya mengharap banyak kritik dan sarannya demi kesempurnaan Tugas Akhir ini.

Dan penuilis berharap semoga Tugas Akhir ini bermanfaat bagi penulis terutama pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tebuireng,18 Nopember 2011

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN……………………………………………………………… i

NOTA PEMBIMBING…………………………………………………………… ii

HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………. iii

ABSTRAK…………………………………………………………………………. iv

KATA PENGANTAR……………………………………………………………. v

DAFTAR ISI……………………………………………………………………… vi

RIWAYAT HIDUP …………………………………………………………….. vii

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar belakang……………………………………………………………. 1

B. Rumusan Masalah………………………………………………………... 3

C. Tujuan Pengembangan…………………………………………………... 3

D. Manfaat Pengembangan…………………………………………………. 4

E. Sistematik Penulisan…………………………………………………….... 4

BAB II LANDASAN TEORI

A. Pengertian………………………………………………………………… 6

B. Jenis Aplikasi yang digunakan………………………………………….. 8

C. Spesifikasi Komputer yang di gunakan…..…………………………….. 13

BAB III PERENCANAAN

A. Perencanaan Produk……………………………………………………... 15

B. Stryktur Flow Chat………………………………………………………. 17

C. Perencanaan System……………………………………………………... 23

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA

A. Pengujia Form……………………………………………………………. 28

BAB V PENUTUP

A. Kesimpulan……………………………………………………………….. 35

B. Saran-saran………………………………………………………………. 35

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………...... 37

LAMPIRAN……………………………………………………………………… 38

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Jombang, 18 Maret 1992 sebagai putra pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Muji Syukur dan ibu Umi zahroh Latifah.

Jenjang pendidikan yang di tempuh yaitu, tahun 2004 lulus Madrsah Ibtidaiyah (MI) “Darussalam” Badang, Ngoro, Tahun 2007 lulus Madrasah Tsanawiyah (MTs) “ Bahrul Ulum “ Genukwatu, Ngoro, tahun 2010 lulis Madrasah Aliyah (MA) Genukwatu, Ngoro.Pada tahun yang sama penulis terdaftar sebagai mahasiswa Diploma 1 Jurusan Teknik Informatika di Community College Of Tebuireng.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang sangat cepat , hal ini memberikan dampak positif dalam berbagai bidang serta membuat manusia semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas . Dampak positif yang dapat kita rasakan dalam bidang tersebut misalnya kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga yang jauh dari kita, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Disamping itu perkembangan IPTEK di dunia menuntut perkembangan sumber daya manusia, yaitu sumber daya manusia yang unggul. SDM yang unggul seperti yang di kemukakan oleh Ginanjar adalah manusia yang cerdas dalam 3 hal yaitu cerdas sosialnya, cerdas otaknya, cerdas spiritualnya. Semua ini merupakan komponen dasar manusia yang ingin sukses dalam bekerja maupun dalam hal spiritual. Bila salah satu diantara komponen dasar di atas ada yang kurang maka kemungkinan besar manusia unggul di Indonesia sulit untuk di wujudkan. Sedangkan Indrajati Sidi menyatakan bahwa manusia yang unggul adalah manusia yang cerdas 3 H (head, hand, heart), menurut Indrajati manusia yang unggul akan dapat diwujudkan bila hati atau spiritual, tangan, dan otak manusia tersebut bekerja dengan maksimal, keterampilan mendukung ide-ide yang akan di desain oleh otak sedangkan spiritualnya akan mendukungnya selalu dalam jalur yang benar baik menurut UUD maupun menurut agama dan masyarakat.

Mengacu pada UUD 1945 tentang tujuan Negara yaitu “memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”, sebenarnya bangsa Indonesia masih banyak menghadapi masalah. Salah satu masalah penting yang belum terselesaikan adalah masalah pendidikan. Masih banyak anak-anak terlantar yang belum bisa mengenyam pendidikan formal, minimal wajib belajar 9 tahun. Selain itu perkembangan system informasi di sekolah-sekolah masih belum sebagaimana yang di harapkan. Salah satu buktinya adalah sebagian besar pekerjaan pengolahan data masih dilakukan dengan manual. Dengan cara tersebut tingkat kesalahan dalam pengolahan data masih tinggi.

Sistem input data induk siswa pada sebuah lembaga pendidikan mempunyai peran penting, karena ini menyangkut terhadap identitas diri pada seorang siswa. Dan sudah selayaknya system input tersebut ditata secara sistematik.

Dan di era modern ini masih banyak lembaga pendidikan menggunakan metode manual dalam pendataan siswa khususnya di MI Darussalam Badang yang mana dengan metode manual ini cara kerjanya sedikit memakan waktu.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi computer sangat di butuhkan, karena dengan pemanfaatan computer, pendataan siswa semakin efektif dan efisien.

Untuk menjawab itu semua, pengembang tertarik menyusun Tugas Akhir dengan judul “ Sistem Input Data Induk Siswa di MI Darussalam Badang Ngoro dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 dan Access 2007”

SILAHKAN DOWNLOAD DISINI



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar