DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PENGARUH PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LI

Posted by cak umam on Senin, 26 Desember 2011

PENGARUH PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan di sekolah memiliki ciri obyek abstrak dan pola pikir deduktif. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa dapat menerapkan matematika secara tepat di dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Dalam belajar matematika diperlukan pemahaman terhadap konsep-konsep dan konsep-konsep itu akan melahirkan teorema/ rumus, agar teorema dapat diaplikasikan ke situasi yang lain maka perlu adanya keterampilan kognitif. Menurut Gagne bahwa tingkatan urutan belajar matematika dimulai dari konsep-konsep dan prinsip menuju pemecahan masalah. Soal cerita matematika merupakan suatu bentuk*pemecahan masalah. Dalam setiap pemecahan masalah diperlukan adanya penguasaan konsep dan keterampilan kognitif.

Dari pendapat tersebut maka dirumuskan masalah bagaimana pengaruh antara penguasaan konsep dan keterampilan kognitif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh penguasaan konsep dan keterampilan kognitif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo dengan jumlah siswa 36 siswa. Untuk mengumpulkan data digunakan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda.

Dari hasil tes diperoleh informasi bahwa skor rata-rata pada tes penguasaan konsep adalah 76,94 dengan koefisien determinan 0,21, skor rata-rata pada tes penguasaan keterampilan kognitif 59,44 dengan koefisien determinan 0,04, sedangkan skor rata-rata pada tes kemampuan menyelesaikan soal cerita adalah 71,33 dengan koefisien determinan 0,99. Dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana diperoleh informasi bahwa pengaruh penguasaan konsep terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 21,1 %. Pengaruh penguasaan keterampilan kognitif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 4,41%. Karena penguasaan konsep dan keterampilan kognitif mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita maka diharapkan guru dalam proses belajar mengajar hendaknya lebih menekankan pada pemahaman konsep dan lebih banyak memberikan latihan soal dan pemberian tugas agar siswa lebih banyak berlatih mengerjakan soal sehingga dapat meningkatkan penguasaan pada keterampilan kognitif terutama dalam menyelesaikan soal cerita.

DOWNLOAD DISINI
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI
JANGAN LUPA !!!! HABIS DOWNLOAD IKLANNYA DI KLIK, KLIK ANDA SANGAT BERARTI BAGI KAMI

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar