SKRIPSI MATEMATIKA PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN

Posted by cak umam on Kamis, 22 Desember 2011

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA SUB POKOK BAHASAN ALJABAR KELAS VIIIA MTs ISLAMIYAH TULUNGAGUNG BOJONEGORO

Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2011-12-19 12:28:37
Oleh : EKA NURUL KHOMARIYAH / NIM. D34207021, S1 - Pendidikan Matematika
Dibuat : 2011-12-19, dengan 10 file

Keyword : pembelajaran kooperatif, STAD, peningkatan kemampuan berpikir

peningkatan mutu pendidikan dalam pembelajaran matematika mendapat perhatian khusus dari pakar pendidikan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi mereka berperan mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang tepat akan memperlancar proses pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada sub pokok bahasan aljabar di kelas VIIIA MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 42 siswa kelas VIIIA MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro.

Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori sangat valid (4,28), kevalidan buku siswa berkategori sangat valid (4,44), kevalidan LKS berkategori valid (3,82), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal), keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (96% terlaksana dengan nilai 3,62), respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal (90%).

SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI
JANGAN LUPA HABIS DOWNLOAD IKANNYA DI KLIK AGAR ADMIN BISA UPDATE TERUS TANKS,,,,,!!!!


{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar