DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Posted by cak umam on Senin, 26 Desember 2011

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

ABSTRAK

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut seseorang untuk berpikir kritis,

sehingga mampu memperoleh, memilih dan mengolah informasi secara efektif. Salah satu

program pendidikan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis tersebut adalah

matematika. Ada tiga strategi spesifik untuk pembelajaran kemampuan berpikir kritis, yakni

membangun kategori, menentukan masalah, dan menciptakan lingkungan yang mendukung

(fisik dan intelektual). Hal yang membuat lingkungan tersebut tercipta antara lain adalah

pendekatan pembelajaran yang di pakai, dan perangkat pembelajaran yang mendukung. Salah

satu pendekatan pembelajaran matematika yang memberi ruang untuk melatihkan

kemampuan berpikir kritis adalah PMR (Pendidikan Matematika Realistik). Untuk

menerapkan pembelajaran dengan pendekatan PMR yang melatihkan kemampuan berpikir

kritis tentunya diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan prinsip dan

karakteristik PMR yang melatihkan kemampuan berpikir kritis. Dari pemaparan tersebut

timbul pertanyaan, bagaimanakah perangkat pembelajaran matematika realistik yang

melatihkan kemampuan berpikir kritis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah

penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk

melatihkan kemampuan berpikir kritis.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika

realistik yang melatihkan kemampuan berpikir kritis pada sub-sub pokok pokok bahasan

perkalian dan perpangkatan suku dua bentuk aljabar di kelas VIIA MTs Hasanudin Tebel

Sidoarjo. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D

Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari

empat tahap. Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap

pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,

metode angket dan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui

keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon

siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Data

penelitian dianalisis secara deskriptif

Setelah data penelitian dianalisis secara deskriptif, maka diperoleh hasil sebagai berikut:

kevalidan RPP berkategori sangat valid (4,13) dan kevalidan LKS berkategori valid (3,76),

keterlaksanaan sintaks pembelajaran terkategori positif (100% terlaksana), respon siswa

terkategori positif (70% lebih siswa merespon dalam kategori positif), dan kemampuan

berpikir kritis siswa terkategori positif (36% siswa termasuk dalam level kritis, 45% level

cukup kritis, dan 19% termasuk dalam level tidak kritis).

DOWNLOAD DISINI
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI
JANGAN LUPA !!!! HABIS DOWNLOAD IKLANNYA DI KLIK, KLIK ANDA SANGAT BERARTI BAGI KAMI

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar