RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Lesson 6 How do you like it ?
Sekolah : MI
Kelas/ Semester : VI/2
Mata Pelajar : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peseta didik.
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
Kompetensi Dasar :
Mendengarkan dan Berbicara
5.1 Merespons instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas.
5.2 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar
6.1 Bercakap – cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, member aba – aba, dan memberi petunjuk.
6.2 Bercakap – cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur ; meminta bantuan, member bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Would you please … dan May I……
Indikator :
1. Mampu merespons instruksi guru dengan benar, baik dengan tindakan maupun secara verbal.
2. Mampu bercakap – cakap yang menyertai tindakan menggunakan tindak tutur :
· Memberi contoh melakukan sesuatu
· Meminta barang,
· Memberi barang,
· Mengungkapkan kesantunan.
3. Mampu bercerita secara lisan berdasarkan gambar.
4. Mampu merespons instruksi yang menyertai tindakan.
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit ( 2 × pertemuan )
A. Tujuan Pemebelajaran :
1. Siswa dapat merespons instruksi guru dengan benar, baik dengan tindakan maupun verbal, dengan benar.
2. Siswa dapat bercakap – cakap yang menyertai tindakan menggunakan tindak tutur:
· Memberi contoh melakukan sesuatu
· Meminta barang,
· Memberi barang,
· Mengungkapkan kesantunan.
3. Mampu bercerita secara lisan berdasarkan gambar
4. Mampu merespon instruksi yang menyertai tindakan
B. Materi Pembelajaran :
1. Percakapan yang memuat tindak tutur :
· Memberi contoh melakukan sesuatu
Contoh :
A : let’s make a paper cup. Fold one of…, downwards like this
· Meminta barang
Contoh :
A : How do you like the eggs?
B : Omelette, please.
· Memberi barang
Contoh :
A : Can I have your pizza ?
B : Sure
· Mengungkapkan kesantunan
Contoh :
A : How do you lke your egg?
B : Soft-boiled , please.
2. Gambar tentang situasi di kantin sekolah.
3. Lagu “ Are you eating ” yang sesuai dengan tema.
4. Kegiatan membuat gelas kertas dalam instruksi bahasa inggris.
C. Metode pembelajaran :
1. Tanya jawab
2. Penanaman konsep
3. Diskusi
4. Praktik
D. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan :
· Tanya jawab berdasarkan gambar apersepsi
b. Kegiatan inti :
· Menyimak guru bercerita tentang situasi dalam gambar
· Setelah itu, merespons cerita guru dengan menjawab pertayaan
· Menyimak percakapan yang di baca guru
· Menirukan membaca kalimat – kalimat dalam percakapan tersebut dengan lafal yang tepat
· Secara berpasangan memperagakan percakpan tersebut di depan kelas
· Membaca dalam hati dan memahami contoh percakpan yang ada
· Secara berpasangan melakukan percakapan singkat menggunakan benda – benda yang tersedia.
c. Kegiatan penutup :
· Guru mengevaluasi percakapan yang dilakukan siswa
2. Pertemuan kedua :
a. Kegiatan pendahuluan :
· Tanya jawab tentang lagu – lagu berbahasa Inggris yang diketahui siswa, lalu menyerah mereka menyanyikan.
b. Kegiatan inti :
· Siswa menyimak guru menyanyikan lagu “ Are you eating ”
· Menyanyikan lagu tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menyimak instruksi yang diabcakan guru, lalu menirukannya.
· Merespons instruksi guru dengan melipat kertas untuk membuat gelas kertas.
· Memberikan pendapat atas hasil kerja temanya.
· Menyimak guru membacakan pertanyaan yang ada di buku
· Merespons pertanyaan guru dengan ungkapan yang tepat
· Mengamati gambar dan memahami kata – kata yang ada
· Secara berpasangan melakukan tanya jawab menggunakan kata – kata yang ada.
c. Kegiatan penutup :
· Guru memberikan tambahan tentang makanan dan siswa aktif menjawab pertanyaan tersebut.
E. Sumber Belajar :
1. Buku Kid’s Talk Grade 6
2. Kamus
3. Buku – buku lain yang relevan
F. Penilaian :
1. Teknik penilaian:
· Tes lisan
· Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen :
· Unjuk kerja
· Menirukan
· Performance
3. Contoh instrumen :
· Performance
Practise a conversation with your friend.
Ask and answer questions of the items.
Example :
1. Boy : How do you like your friend noodle ?
Kunci Jawaban :
1.
2. Boy : How do you like your steak ?
Girl : I like it very much
3. Girl : How do you like your eggs?
Boy : Very much
Ruprik Penilaian Performance
Aspek | Uraian | Skor |
Kelancaran | Sangat lancar. Lancar. Lancar, tetapi ada hesitasi Terjadi hesitasi Sulit memproduksi kata - kata | 40 30 20 10 0 |
Pelatihan dan intonasi | Semua benar Sebagiam besar benar Sebagian kecil benar Hampir semua tidak benar Semua tidak benar | 40 30 20 10 0 |
Skor maksimal | 80 |
Nilai = Skor perolehan × 100 =
Skor maksimal
Mengetahui, …..,………………….
Kepala SD/MI… Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar