Untuk menciptakan suatu aktivitas pembelajaran yang efektif, diperlukan adanya suatu proses perencanaan, atau desain yang baik. Demikian pula dengan aktivitas belajar dengan menggunakan media dan teknologi. Smaldino, James D Russel dan Michael Molenda (2005), mengemukakan sebuah desain sistem pembelajaran yang dikenal dengan ASSURE. Model ini dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien, khususnya pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi.
Untuk lebih memahami model ASSURE, berikut ini dikemukakan deskripsi dari setiap komponen yang terdapat dalam model tersebut.
A. ANALISIS SISWA
Tahap pertama dalam perencanaan pembelajaran adalah mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik siswa yang di asosiasikan dengan hasil belajar. Informasi tersebut akan membimbing keputusan anda dalam membuat desain pembelajaran. Hal yang perlu dipertimbangkan selama analisis siswa termasuk:
1. Kerakteristik siswa
2. Kopetensi khusus (pengetahuan, kecakapan, dan perilaku seputar topik)
3. Gaya belajar
untuk lebih jelasnya silahkan DOWNLOAD DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar