PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 3 TAMAN SIDOARJO
Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2010-08-28 09:51:06Oleh : Hera Wardani Fatayati D04205063, S1 - Pendidikan Matematika
Dibuat : 2010-08-28, dengan 9 file
Keyword : Pembelajaran advance organizer, peta konsep, ketuntasan belajar
v
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN
PETA KONSEP UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA
MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 3 TAMAN SIDOARJO
Oleh : Hera Wardani Fatayati
ABSTRAK
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dipelajari siswa dijenjang
pendidikan formal mulai dari tingkat SD sampai SMA. Guru perlu mencari
pendekatan pembelajaran yang bisa membangkitkan motivasi belajar siswa yaitu
dalam teori belajar bermaknanya dari David Ausubel adalah Advance Organizer.
Advance Organizer ini merupakan alat yang dapat menjembatani informasi atau ide
baru denganmateri yang telah diterima oleh siswa. Dalam penerapannya Aavance
Organizer ini juga dibantu dengan peta konsep.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP NEGERI 3 Taman Sidoarjo.
Tujuan dari penelitian ini adalah.(1) mengetahui aktifitas siswa selama menggunakan
model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan. (2)
mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran advance organizer
dengan peta konsep pada materi pecahan.(3) mengetahui penerapan model
pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan terhadap
ketuntasan belajar siswa.(4) mengetahui respon siswa setelah kegiatan pembelajaran
advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan.
Data penelitian ini adalah data kualitatif digunakan untuk menjawab aktifitas
siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon siswa sedangkan
data kuantitatif digunakan untuk ketuntasan belajar siswa Berdasarkan analisis data
diperoleh kesimpulan bahwa untuk aktifitas siswa aktif sebesar 80,45% dan aktifitas
siswa tidak aktif sebesar 19,60%. Untuk kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran 3,34%. Untuk ketuntasan belajar siswa dikatakan tuntas secara klasikal
sebesar 86,2%. Sedangkan untuk respon siswa dikatakan positif sebesar 83,06% lebih
dari 50%
DOWNLOAD SKRIPSI DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar