STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII MTs NASY-ATUL MUTA’ALLIMIN 1 GAPURA SUMENEP
Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2010-08-28 09:59:27Oleh : ZAKIYAH, S1 - Pendidikan Matematika
Dibuat : 2010-08-28, dengan 10 file
Keyword : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII MTs NASY-ATUL MUTA’ALLIMIN 1 GAPURA SUMENEP
Oleh : ZAKIYAH
ABSTRAK
Menurut Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki peserta didik melalui proses pembelajaran. Salah satu indikator keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran tercermin dari nilai evaluasi. Keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri ditentukan oleh kualitas komponen-komponen terkait, salah satunya adalah kualitas pembelajaran yang dirancang oleh guru. Demikian juga dalam pelajaran matematika. Karena matematika merupakan salah satu ilmu yang berkenaan dengan ide-ide abstrak dan simbol-simbol, maka seorang guru matematika harus pandai memilih dan menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan variatif, yang sesuai dengan pokok bahasan yang disajikan, agar peserta didik dapat mencapai prestasi yang tinggi. Dalam penelitian ini ada dua model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran koopertaif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nasy-atul Muta’allimin 1 Sumenep sebanyak 117 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 56 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Subyek penelitian terdiri atas satu kelas sebagai kelompok kooperatif tipe Jigsaw dan lainnya sebagai kelompok kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Data hasil belajar siswa masing-masing berasal dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperataif tipe Jigsaw dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang tidak terkontrol seperti latar belakang lingkungan sekolah dan kondisi belajar siswa terutama manajemen kelas selama proses pembelajaran, belum berlangsung secara maksimal
UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar