DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN DALIL PHYTAGORA

Posted by Unknown on Jumat, 09 Desember 2011

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN DALIL PHYTAGORAS DI KELAS VIII MTS NEGERI SIDOARJO

Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2010-08-28 09:34:06
Oleh : ANIKA AHMADIA RELIGIUSA NIM : D34205004, S1 - Pendidikan Matematika
Dibuat : 2010-08-28, dengan 10 file

Keyword : Pembelajaran, metode Inkuiri, Ketuntasan belajar,aktivitas guru, respon siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

PADA POKOK BAHASAN DALIL PHYTAGORAS DI KELAS VIII

MTS NEGERI SIDOARJO


ANIKA AHMADIA RELIGIUSA

NIM.D34205004


ABSTRAK

Tujuan pendidikan matematika adalah menumbuhkan penataan nalar atau kemampuan berpikir siswa yang berguna dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun dalam penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah pemilihan pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mental siswa secara maksimal. Ada beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pendekatan Inkuiri. Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran Inkuiri selama tiga pertemuan yang paling dominan adalah mengamati kegiatan siswa dengan persentase sebesar 40,63%, sehingga dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri siswa dituntut aktif menemukan sendiri pengetahuannya. Jadi, aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri tergolong baik.Hasil analisis aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran Inkuiri tergolong aktif dengan nilai sebesar jumlah persentase aktivitas siswa kedua, ketiga dan keempat pada pertemuan I adalah 65% pada pertemuan II sebesar 68,13% dan pada pertemuan III sebesar 70,625%. Sedangkan persentase aktivitas siswa yang keenam yaitu berprilaku yang tidak relevan dalam KBM untuk pertemuan I sebesar 3,75%, pertemuan II sebesar 3,125% dan pertemuan III sebesar 2,25%. Hasil analisis untuk prestasi belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran Inkuiri termasuk baik, dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 82.5%.Dari beberapa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan pembelajaran siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII-C MTs Negeri Sidoarjo dapat dikatakan efektif

DOWNLOAD SKRIPSI DISINI
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar