TUGAS AKHIR PENERAPAN TANDA-TANGAN DIGITAL UNTUK OTENTIFIKASI SMS-BANKING

Posted by Unknown on Rabu, 16 November 2011

PENERAPAN TANDA-TANGAN DIGITAL UNTUK OTENTIFIKASI SMS-BANKING

Undergraduate Theses from JBPTITBPP / 2008-05-07 15:06:14
Oleh : BUDIONO (NIM 13503013), Central Library Institute Technology Bandung
Dibuat : 2008, dengan 8 file

Keyword : MS-Banking, RSA, SHA, tanda-tangan digital, Bouncy Castle Crypto
SMS-Banking merupakan layanan perbankan yang digunakan untuk melakukan transaksi melalui SMS. Layanan ini sangat sering melibatkan nominal yang cukup tinggi. Faktor keamanan menjadi kunci penting dalam keberlangsungan transaksi tersebut. Pada Tugas Akhir ini, telah dikembangkan simulasi sistem SMS-Banking yang di dalamnya terdapat penggunaan teknologi tanda-tangan digital, sehingga dapat dapat meningkatkan aspek keamanan terutama otentikasi pesan SMS transaksi.

Proses pembentukan dan verifikasi tanda-tangan digital dilakukan dengan menggunakan algoritma RSA dan SHA. Panjang kunci yang digunakan oleh aplikasi simulasi yang dijalankan di atas telepon seluler sebesar 256 bit, sedangkan untuk komputer server digunakan panjang kunci sebesar 512 bit.

Aplikasi yang dibangun menggunakan teknologi J2SE untuk aplikasi server dan J2ME untuk aplikasi client. Untuk bilangan BigInteger yang digunakan dalam aplikasi client, digunakan source code yang berasal dari Bouncy Castle Crypto.

Berdasarkan hasil pengujian dalam lingkungan client-server lokal dan perhitungan waktu pembangkitan sepasang kunci publik dan kunci privat, aplikasi SMS-Banking yang dibangun dengan teknologi tanda-tangan digital terbukti mampu meningkatkan keamanan dari segi non teknis, yaitu hanya pihak tertentu saja yang mengetahui kunci privatnya masing-masing
UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI

{ 3 comments... read them below or add one }

Admin mengatakan...

minta sourcode juga donk mas.
minta tolong email ke edi_vanjat@yahoo.com
makasih banyak mas.

Unknown mengatakan...

Iya Sama - sama Moga Bermanfaat

A2y mengatakan...

min, minta jg dong....
kirim ke ndrd45@yahoo.com yahh :D

Posting Komentar