DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN PORTOFOLIO DENGA

Posted by Unknown on Sabtu, 21 Januari 2012

STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VII MTsN KRIAN

ABSTRAK

KTSP atau yang dikenal kurikulum 2006, menuntut guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat sehingga memberikan kesempatan siswa untuk menggali potensi yang dimilikinya. Pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dan pembelajaran konvensional pada penelitian ini digunakan dengan tujuan membantu siswa mengatasi masalah-masalah yang berkaitan matematika, sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa meningkat. Permasalahan dalam penelitian adalah terdapat atau tidak perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar secara cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan siswa yang diajar konvensional kelas VII MTsN Krian pada sub pokok bahasan aritmatika sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas siswa, respon siswa dan respon guru. Selain itu, penelitian ini ingin mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan bila dibandingkan dengan siswa pembelajaran konvensional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian secara Eksperimen di kelas VII MTsN Krian. Dengan mengacu aturan statistika, maka diambil dua populasi secara acak (random sampling) sebagai obyek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam kegiatan pembelajaran, peneliti mengamati aktifitas siswa kelas eksperimen untuk diambil data aktifitas siswa. Setelah kegiatan pembelajaran berakhir diambil data respon siswa dan respon guru dengan memberikan angket. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dikedua kelas, maka dilakukan evaluasi akhir yaitu memberikan tes. Tes hasil belajar yang diolah menggunakan uji T, tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

Setelah data hasil respon siswa ditabulasikan dan ditafsirkan, dapat disimpulkan bahwa 79% siswa atau 32 orang (40 siswa) dikelas eksperimen memberikan respon yang positif atas pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio pada sub pokok bahasan aritmatika sosial. Sedangkan dari data tes hasil belajar yang diolah dengan menggunakan uji kenormalan, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata dapat disimpulkan bahwa: Tidak terdaTautanpat perbedaan yang signifikan antara siswa dengan pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan pembelajaran konvensional. Jadi hipotesis ditolak.

DOWNLOAD
  1. BAB I
  2. BAB II
  3. BAB III
  4. BAB IV
  5. BAB V
  6. BAB VI

JANGAN LUPA IKLAN DI SAMPING DI KLIK YA,,,,,,,,,,,,

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar