DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN B

Posted by Unknown on Sabtu, 21 Januari 2012

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DIKELAS IX SMP GIKI 3 SURABAYA

ABSTRAK

Model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar

mempunyai peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Karena model

pembelajaran yang dipakai dapat mempengaruhi hasil belajar siswa nantinya.

Salah satu model pembelajaran yang saat ini banyak dipakai dan menunjukkan

hasil yang baik adalah pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran dengan

bekerja sama dalam kelompok belajar. Akan tetapi disamping pembelajaran

kooperatif, ada juga pembelajaran yang mempunyai ciri dengan bekerja sama

dalam kelompok belajar, yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah.

Kemudian dilakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau

tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran

kooperatif dan yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah pada sub

materi luas tabung dan luas kerucut dikelas IX SMP GIKI 3 Surabaya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitiann kuantitatif eksperimental.

Pelaksanaan penelitian dengan kelompok eksperimen 1 menggunakan model

pembelajaran kooperatif dan kelompok eksperimen 2 menggunakan model

pembelajaran berdasarkan masalah. Metode pengumpulan data adalah metode tes.

Dan tes yang digunakan adalah tes evaluasi akhir, yang diberikan setelah siswa

diberi perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata(mean)untuk kelompok

eksperimen 1 sebesar 68,59 dan kelompok eksperimen 2 sebesar 65,09. Dengan

menggunakan analisis statistik uji hipotesis kesamaan dua rata-rata(uji-t), maka

sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas dan

diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dan dengan

analisis statistik uji-t diperoleh hasil t hitung = 1,4779 dan t tabel = 2,000.

Maka diambil kesimpulan terima 0 H , tolak 1 H . Yang artinya bahwa tidak

cukup alasan untuk mengatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan

model pembelajaran kooperatif berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar

dengan model pembelajaran berdasarkan masalah.

Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, dan Pembelajaran berdasarkan

masalah

DOWNLOAD DISINI
  1. ABSTRAK
  2. ISI

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar