SILABUS
Sekolah :
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (Satu)
Setandar Kopetensi : Memahami hakekat Bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia
Kopetensi Dasar (KD) | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Nilai-Nilai Karakter | Indicator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Pembelajaran | ||
Teknik | Bentuk Instrument | Contoh Instrumen | |||||||
1.3 Mendiskripsikan hakekat Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | Ø Asal mula terjadinya Negara Ø Pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara Ø Bentuk bentuk kenegaraan | Menganalisis berbagai buku sumber tentang asal mula terjadinya Negara menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan di Indonesia | a. Toleransi, Demokratis, cinta tanah air b. Bersahabat cinta damai c. Rasa ingin tahu | a. Mediskripsikan asal mula terjadinya Negara b. Menguraikan pentingnya pengakuan oleh Negara lain bagi suatu Negara c. Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan | · Postes · Tes Tertulis · Karakter | Performance tes (tugas kelompok/Individu (uraian) Pengamatan) | Rublik terlampir | 2 X 45 Menit | 1. Sujianto 2005 politik belajar kewarganegaraan SMA X Ganesa 2. Budi yanto, 2006 ilmu kewarganegaraan SMA X Erlangga |
Mengetahui Jombang,…. …… . 2011
Mahasiswa
Drs. Firman. M.Pd Devi Tri Wulan Sari
SILABUS
Sekolah :
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (Satu)
Setandar Kopetensi : Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
Kopetensi Dasar (KD) | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Nilai-Nilai Karakter | Indicator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Pembelajaran | ||
Teknik | Bentuk Instrument | Contoh Instrumen | |||||||
3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia | Ø Penegakan HAM Di Indonesia Ø Hambatan Penegakan HAM Di Indonesia Ø Peran Serta Masyarakat Dalam Upaya Penegakan HAM | · Menganalisa berbagai buku sumber tentang penegakan HAM di Indonesia · Menganalisa hambatan penegakan HAM di Indonesia · Menganalisa peran serta masyarakat dalam upaya penegakan HAM | a. Rasa ingin tahu, demokratis b. Menjelaskan hambatan penegakan HAM di Indonesia c. Menjelaskan peran serta masyarakat dalam upaya penegakan HAM | · Menjelaskan penegakan ham di Indonesia · Rasa ingin tahu, cinta tanah air · Rasa ingin tahu semangat kebangsaan | · Pos Tes · Tes Tertulis · Karakter | Performance Tes (Tugas Keloompok/Individu) (Uraian) Pengamatan | Rublik terlampir | 2 X 45 Menit | Sujianto 2005 politik belajar kewarganegaraan SMA X Ganesa Budi yanto, 2006 ilmu kewarganegaraan SMA X Erlangga Suparyanto yudi, suprihatin amin 2010 pendidikan kewarganegaraan SMA X Intan pariwara |
Mengetahui Jombang,…. …… . 2011
Mahasiswa
Drs. Firman. M.Pd Devi Tri Wulan Sari
SILABUS
Sekolah :
Kelas : X (Sepuluh)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I (Satu)
Setandar Kopetensi : Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
Kopetensi Dasar (KD) | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Nilai-Nilai Karakter | Indicator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Pembelajaran | ||
Teknik | Bentuk Instrument | Contoh Instrumen | |||||||
1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik. | Ø Makna sosialisasi kesadaran politik Ø Mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik Ø Fungsi partai politik | · Menganalisis berbagai buku sumber tentang makna sosialisasi kesadaran politik · Menganalisis mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik · Menganalisisi fungsi partai politik | a. Rasa ingin tahu b. Demokratis c. Kerja keras d. Cinta tanah air e. Rasa ingin tahu, kerja keras f. kreatif | a. menganalisis tentang budaya politk b. mengidentifikasi cirri-ciri budaya politik c. mengelompokkan macam-macam budaya politik d. menjelaskan factor penyebab perkembangan budaya politik di daerahnya e. meneliti perkembangan budaya politik f. menyimpilkan budaya politik yang berkembang di masyarakat | · Pos Tes · Tes Tertulis · Karakter | Performance Tes (Tugas Keloompok/Individu) (Uraian) Pengamatan | Rublik terlampir | 2 X 45 Menit | 1. Pendidikan kewargaan kelas XI, retno Lisyanti (2007) penerbit Esis 2. Buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI budianto (2006) penerbit Erlangga |
Mengetahui Jombang,…. …… . 2011
Mahasiswa
Drs. Firman. M.Pd Devi Tri Wulan Sari
SILABUS
Sekolah :
Kelas : XI ( sebelas )
Mata Pelajaran : Pendidikan kewarganegaraan
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
Kopetensi Dasar (KD) | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Nilai-Nilai Karakter | Indicator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Pembelajaran | ||
Teknik | Bentuk Instrument | Contoh Instrumen | |||||||
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya lokal | · Pengertian budaya politik · Macam – macam budaya politik · Faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya · Perkemban gnya budaya politik · Budaya politik yang berkembang di masyarakat. | · Menganalisis berbagai buku sumber tentang pengertian budaya politik · Menganalisis macam – macam budaya politik · Menganalisis faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daearahnya · Menganalisis perkembangan budaya politik · Menganalisis budaya politik yang berkembang di masyarakat | A. Rasa ingin tahu B. Demokratis C. Rasa ingin tahu kerja keras | · Menganalisis makna sosialisasi kesadaran politik · Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik · Meneliti fungsi partai politik | · Postes · Tes tertulis · Karakter | · Performance tes ( tugas kelompok individu ) · ( uraian ) · ( pengamatan ) | · Rublik terlampir | 2 × 45 menit | · Buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI, Retnolistyarti ( 2007 ) Penerbit Esis · Buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI, Budiyanto ( 2006 ) Penerbit Erlangga |
Mengetahui Jombang,…. …… . 2011
Mahasiswa
Drs. Firman. M.Pd Devi Tri Wulan Sari
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar