DAFTAR I
HALAMAN JUDUL ....................................................................................... I
NOTA PEMBIMBING ................................................................................... II
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................ III
HALAMAN MOTTO...................................................................................... VI
HALAMAN PERSEMBAHAN ..................................................................... VIII
ABSTRAK........................................................................................................ X
KATA PENGANTAR .................................................................................... XI
DAFTAR ISI ..................................................................................................... XII
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ...........................................................
B. .................................................................................................. Rumusan Masalah
C. .................................................................................................. Tujuan Penelitian
D. Kegunaan Penelitian ................................................................
E. Landasan Teori..........................................................................
E. .................................................................................................. Penegasan Judul
F. Sistematika Pembahasan...........................................................
BAB II : TINJAUAN UMUM UNDANG UNDANG NO 5 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN
a. Pendidikan dalam
1. Pendidikan Era Kemerdekaan...............................................
2. Pendidikan Era Reformasi.....................................................
3. Pendidikan Era Globalisasi....................................................
b. Undang – Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru
dan Dosen….............................................................................
1. Pengertian Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
2. Kajian Isi Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
. 3. Problematika Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dalam kasus Sertifikasi..............................................................................
BAB III : METODE PENELITIAN
1). Jenis Penelitian..........................................................................
2). Jenis Data..................................................................................
3). Sumber Data..............................................................................
4). Pengumpulan Data....................................................................
5). Analisa Data...............................................................................
BAB IV : IMPLIKASI UNDANG – UNDANG NO 5 TENTANG GURU DAN DOSEN DI
a). Profinsi Jawa.............................................................................
b). Profinsi Sumatra........................................................................
c). Profensi Sulawesi .....................................................................
BAB V : TINJAUAN ANALISA UNDANG – UNDANG NO 5 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN
i. Evaluasi Kebijakan Bidang Pendidikan di Indonesia..............
ii. Penawaran Kebijakan Bidang Pendidikan di Indonesia...........
BAB VI : PENUTUP
i). Kesimpulan................................................................................
ii). Saran-saran.................................................................................
Daftar Pustaka
Pernyataan Keaslian Tulisan
Lampiran-Lampiran
Riwayat Hidup
Studi Analisa Undang-Undang No.14 Tahun 2005
Tentang Guru Dan Dosen Dalam Kasus Sertifikasi Guru.
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang masalah
Guru menjadi ujung tombak dalam pembangunan pendidikan nasional. Tidak seorangpun yang dapat membantah bahwa guru berada di garda depan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Presiden, Menteri, Profesor, Insinyur, Dokter, semuanya tak terlepas dari hasil proses belajar bersama bimbingan para guru. Tepatlah banyak kalangan masyarakat memberikan gelar “ Pahlawan tanpa tanda jasa ” dan tepatlah juga banyak kalangan masyarakat yang memperhatinkan nasib guru dalam hal kesejahteraan guru yang tidak sepadan dengan jasanya yang luhur dan mulia.
Dengan adanya gerakan dari berbagai masyarakat terhadap pemerintah, menuntut kesejahteraan nasib guru, Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan dan menetapkan Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen dalam upaya mengangkat harkat dan martabat guru ke aras yang lebih terhormat.[1]
Tentunya presiden memutuskan dan menetapkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen dalam mengangkat dan martabat guru kearas yang lebih terhormat harus diimbangi dengan kualitas guru dalam mengajar siswa/siswi didiknya.
Implementasi sementara dalam Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen adalah pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana telah diatur dalam peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomer 18 tahun 2007.[2]
Kahadiran Undang-Undang No. 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen menambah wacana baru yang dipertimbangkan banyak pihak antara pro dan kontra, khususnya mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.
Satu sisi terdapat keluhan para guru dalam usaha memenuhi amanah Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, yaitu rasa ketidak-adilan bagi guru yang berada di daerah terpencil atau daerah yang jauh dari berbagai fasilitas. Bagi guru yang dekat dengan institusi pendidikan ( identik dengan
Sisi lain melihat tujuan sertifikasi tersebut, yaitu sertifikasi guru adalah sebuah upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di
[1]. Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
[2]. Peraturan menteri pendidikan nasional Republik
[3]. Qori’ah, A., Sertifikasi Guru dalam Jabatan : harapan dan rasa keadilan. Seminar Nasional. 01 maret 2008.
[4]. Http//:Sertifikasi guru.org. Direktorat Profesi Pendidik, Ditjen PMPTK Komplek Kementerian Pendidikan Nasional,
SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar