PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DIKELAS IX SMP GIKI 3 SURABAYA
ABSTRAK
Model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar
mempunyai peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Karena model
pembelajaran yang dipakai dapat mempengaruhi hasil belajar siswa nantinya.
Salah satu model pembelajaran yang saat ini banyak dipakai dan menunjukkan
hasil yang baik adalah pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran dengan
bekerja sama dalam kelompok belajar. Akan tetapi disamping pembelajaran
kooperatif, ada juga pembelajaran yang mempunyai ciri dengan bekerja sama
dalam kelompok belajar, yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah.
Kemudian dilakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau
tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif dan yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah pada sub
materi luas tabung dan luas kerucut dikelas IX SMP GIKI 3 Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitiann kuantitatif eksperimental.
Pelaksanaan penelitian dengan kelompok eksperimen 1 menggunakan model
pembelajaran kooperatif dan kelompok eksperimen 2 menggunakan model
pembelajaran berdasarkan masalah. Metode pengumpulan data adalah metode tes.
Dan tes yang digunakan adalah tes evaluasi akhir, yang diberikan setelah siswa
diberi perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata(mean)untuk kelompok
eksperimen 1 sebesar 68,59 dan kelompok eksperimen 2 sebesar 65,09. Dengan
menggunakan analisis statistik uji hipotesis kesamaan dua rata-rata(uji-t), maka
sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas dan
diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dan dengan
analisis statistik uji-t diperoleh hasil t hitung = 1,4779 dan t tabel = 2,000.
Maka diambil kesimpulan terima 0 H , tolak 1 H . Yang artinya bahwa tidak
cukup alasan untuk mengatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan
model pembelajaran kooperatif berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran berdasarkan masalah.
Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, dan Pembelajaran berdasarkan
masalah
DOWNLOAD DISINI
Home » SKRIPSI MATEMATIKA » DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN B
DOWNLOAD SKRIPSI MATEMATIKA PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN B
Posted by Unknown on Sabtu, 21 Januari 2012
Labels:
SKRIPSI MATEMATIKA
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar