BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan peternakan unggas di Indonesia kini telah berkembang cukup pesat yang ditandai dengan kebutuhan masyarakat terhadap protein hewani yang bernilai gizi tinggi semakin meningkat. Tingginya permintaan pasar menuntut sektor peternakan unggas untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi unggas.
Pembangunan pertanian khususnya sub sektor peternakan unggas pada dasarnya menyangkut permasalahan yang kompleks, oleh karena itu pemecahan masalahnya memerlukan upaya kerja sama yang terpadu dan sistematis. Salah satu permasalahan dalam pembangunan sektor peternakan unggas adalah masalah gangguan kesehatan pada ternak. Hal ini tentu menuntut keberadaan Dokter Hewan yang memiliki kualifikasi yang optimal dalam mengawasi kesehatan hewan serta menjamin tersedianya produk hewan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Produks hewan yang ASUH dapat dihasilkan dengan melakukan serangkaian program pembinaan dan pengawasan produk hewan (food safety). Termasuk juga memantau dan menangani penularan penyakit asal hewan (zoonosis), kesejahtaraan hewan (animal welfare) dan penanganan lingkungan.
Pencapaian tujuan kualifikasi Dokter Hewan dapat dilakukan dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL adalah program wajib bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) karena PKL merupakan keterpaduan antar kegiatan pendidikan, penelitian, pengalaman serta penerapan IPTEK dalam pengabdian kepada masyarakat.
Banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa guna pendewasaan cara berpikir dalam menghadapi masalah pembangunan masyarakat khususnya di bidang Kedokteran Hewan dan Peternakan. Kegiatan ini merupakan benang merah antara materi yang diperoleh dibangku kuliah dengan keadaan yang ada di lapangan.
Bagi masyarakat dan instansi terkait, mahasiswa dapat dimanfaatkan untuk memadukan antara bidang keilmuan dan teknologi yang tepat dengan program – program pembangunan peternakan pada umumnya.
1.2 Falsafah Praktek Kerja Lapangan
Kegiatan PKL merupakan kegiatan integral dari kegiatan proses kegiatan belajar mengajar dan mempunyai ciri khusus yaitu :
1. Adanya keterpaduan pelaksanaan dari ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi. PKL merupakan kegiatan integral dari sistem pendidikan tinggi yang tidak dapat dipisahkan dari kurikulum setelah Strata 1 (S1) yang berarti PKL sebagai pengikat dan perangkum semua ilmu yang terdapat dalam kurikulum serta memberikan pengalaman belajar yang menghubungkan konsep akademis dengan realita kehidupan di masyarakat khususnya peternak.
2. PKL membentuk pengalaman mahasiswa dalam menangani kasus – kasus di bidang peternakan dan manajemen yang terkait serta menambah kepribadian mahasiswa untuk mandiri.
3. Dalam melaksanakan PKL, mahasiswa tidak terpaku pada pemikiran satu sektor karena permasalahan disuatu daerah selalu berkaitan dengan sektor yang lain (lintas sektoral), maka kerja sama yang baik dengan Dinas atau Instansi terkait harus terjalin dengan baik.
4. Dalam melaksanakan program – program PKL diperlukan keterlibatan masyarakat dan petugas di daerah secara aktif sejak awal.
Untuk tebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD link DISINI
Dan lampinrannya DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar