KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
3. MATEMATIKA
SMP/MTs
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
operasi tambah,
kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbandingan.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
2.
Memahami operasi
bentuk aljabar,
konsep persamaan
linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan
linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan
linier satu variabel.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
himpunan.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
sistem persamaan
linier dua variabel.
3.
Memahami bangun
datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah
menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
hubungan dua garis, besar dan jenis sudut,
serta sifat sudut yang
terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan garis-
garis istimewa pada segitiga.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
4.
Memahami konsep
dalam statistika,
serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
5.
Memahami konsep
peluang suatu
kejadian serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
3. MATEMATIKA
SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
operasi tambah,
kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi
bentuk aljabar,
konsep persamaan
linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan
linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan
linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
sistem persamaan
linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun
datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah
menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
hubungan dua garis, besar dan jenis sudut,
serta sifat sudut yang
terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan garis-
garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
|
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
4.
Memahami konsep
dalam statistika,
serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
5.
Memahami konsep
peluang suatu
kejadian serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar