PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE OUTBOUND TRAINING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SIDOARJO
Undergraduate Theses from JIPTIAIN / 2009-11-02 23:13:57Oleh : BETARIA SOLA, S1 - Pendidikan Matematika
Dibuat : 2009-11-02, dengan 10 file
Keyword : embelajaran matematika dengan metode outbound training, ketuntasan
vi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN
METODE OUTBOUND TRAINING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN
BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 SIDOARJO
BETARIA SOLA
NIM. D34205009
ABSTRAK
Kata kunci: Pembelajaran matematika dengan metode outbound training, ketuntasan
belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa.
Suatu proses pembelajaran hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang
aktif, siswa mengembangkan potensinya sendiri, dan menyenangkan. Namun yang
terjadi dalam pembelajaran matematika ialah pola pengajaran yang tidak menarik dan
membosankan. Model pembelajaran matematika dengan metode outbound training
menjadi alternatif pola pengajaran matematika yang lebih aktif dan menyenangkan.
Karakteristik model pembelajaran matematika dengan metode outbound training ini
ialah pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan, tersusun atas berbagai macam
games yang terstruktur, bermain secara berkelompok sambil berkompetisi, terdapat
selingan ice breaking serta doorprize bagi pemenang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru
dan siswa selama pembelajaran dengan metode ini berlangsung, serta respon siswa
terhadap penerapan model pembelajaran matematika dengan metode outbound
training. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Data kuantitatif menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa
secara klasikal pada siklus I adalah 86,49% atau lebih dari 85% sehingga dinyatakan
tuntas. Begitu pula dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada
siklus II adalah 89,19% sehingga siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dan terjadi
peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal itu sebanyak 2,7%.
Aktivitas guru yang selalu dilakukan ialah mengawasi siswa bermain game berdiskusi
dalam tim. Aktivitas siswa yang selalu dilakukan ialah bermain game, mencermati
LKS, serta berdiskusi dalam tim. Hasil angket respon siswa menyatakan bahwa
model pembelajaran matematika dengan metode outbound training ini merupakan hal
baru bagi mereka
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar